Selasa, 29 Desember 2009

Cara Merapikan Playlist MP3 pada winamp



Saat membuat file MP3 dari CD, nama file yang dihasilkan sering asal saja. Biasanya, hanya bernama “track” plus nomor urut lagu dalam CD. Nah, pas MP3 itu diputar, playlist di Winamp akan menampilkan nama file. Lah, bagaimana tahu judul lagunya? Apakah harus putar dulu lagunya agar tahu judul sama penyanyinya?

Supaya playlist di Winamp rapi, di sini PCplus kasih tahu caranya.
1. Buka Windows Explorer lalu masuk ke folder tempat Anda menyimpan file MP3. Agar tampak rapi, ubah nama file tersebut dengan format “Nama artis – Judul lagu”. Contoh: “Dream Theater – Another Day”.


2. Setelah Anda selesai mengganti nama file, buka Winamp. Jalankan file MP3 yang namanya sudah diubah tadi. Di “Playlist Editor”, klik kanan pada salah satu playlist, lalu pilih [View File Info]. Setelah jendela “MPEG file info + ID3 tag editor” terbuka, Anda dapat mengisikan informasi berupa judul lagu, artis, album, dan lain-lain. Kalau mau ringkas, isi judul lagu (Title) dan artis (Artist) saja. Data lainnya dikosongkan. Pilihlah salah satu antara [ID3v1 Tag]atau [ID3v2 Tag]. Apabila judul lagu panjang, gunakan ID3v2. Agar rapi, samakan data yang diisikan (judul dan nama artis) dengan keterangan pada file MP3 yang dimaksud. Setelah data-data yang diperlukan terisi, klik [Update].
sumber : www.kompas.com




Software gratis yang lain



0 Komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Hargai kami dengan sebuah komentar ataupun rating