Sabtu, 06 Februari 2010

10 tips merawat Laptop dengan baik


nah agar notebook awet dan kinerjanya baik setiap saat, lakukan perawatan secara berkala terhadapnya. Perawatannya bisa dipandang dari dua sisi, yaitu perawatan fisik dan perawatan piranti lunaknya.

Agar casing notebook anda tetap cemerlang, gunakan cairan pembersih khusus alat elektronik untuk membersihkannya. Semprotkan cairan tersebut pada kain lap yang lembut dan gosok casingnya.

Keyboard notebok bisa dibersihkan dengan kuas. Berbeda dengan keyboard external pada PC. Keyboard Notebook tidak dapat dibuka tersendiri. Jadi, jika bagian dalam keyboard kotor atau ketumpahan cairan, sebaiknya langsung dibawa saja ke bengkel resmi notebook tersebut.

Monitor notebook menggunakan LCD. Bagian belakang (casing) monitor LCD boleh dibersihkan dengan kain lap lembut, namun gunakan kain lap kering untuk mengelap bagian depan (layarnya). Gunakan kain lap yang lembap, namun gunakan kain lap kering untuk mengelap bagian
depan (layarnya). Gunakan kain lap yang lembut, seperti lap pembersih kacamata misalnya.

Saat mengelap, jangan terlalu menekan layar. Jika ada kotoran yang membandel dan anda terpaksa harus menggunakan cairan pembersih, semprotkan cairan permbersih ke kain lap untuk membersihkan kotoran. Jangan sekali-kali menyemprotkan ke layar LCD.

Selain dibersihkan, notebook juga harus diperlakukan dengan baik dan cermat. Bagaimana caranya?

1. Jauhkan notebook dari sinar matahari langsung. Sebaiknya jangan bekerja didekat jendela dimana sinar matahari bisa langsung menerobos masuk.

2. Saat bekerja, jangan letakkan di atas sofa atau kasur. Hal tersebut bisa menghambat aliran udara dibawah notebook dan mengakibatkan notebook cepat panas, bahkan overheating.

3. Jangan meletakkan benda berat diatas notebook.

4. Jika anda bekerja dengan adaptor, apalagi untuk waktu yang lama, sedapat mungkin cabutlah baterai notebook.

5. Lakukan proses charging baterai dalam keadaan notebook mati.

6. Jika
notebook hendak disimpan dalam waktu yang cukup lama , lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering.

7. Jangan gunakan notebbok sambil dipangku, karena berpotensi menimbulkan cedera paha.

8. Jangan lupa shutdown untuk mematikan komputer.

9. Lakukan pemeriksaan file system secara berkala dengan perangkat-perangkat yang disediakan oleh system operasi atau piranti buatan pihak ketiga. Contohnya pada system Windows atau fsck untuk system operasi linux.

10. Pasang antivirus dan lakukan update virus definition-nya secara berkala untuk mencegah serangan virus baru.




Software gratis yang lain



0 Komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Hargai kami dengan sebuah komentar ataupun rating