Sabtu, 19 Juni 2010

Cara merapikan start menu pada komputer agar lebih tertata


   (Rating dari Softholic)
Softholic mania yang banyak menginstall applikasi pasti sering mendapatkan start menu pada komputernya sangat banyak dan tidak teratur.

Hal tersebut diakibatkan setiap applikasi yang diinstal akan membuat folder dan shortcut di start menu untuk memudahkan user menggunakannya.Akan tetapi softholic mania tidak perlu khawtir karena dengan melakukan sedikit pengeditan softholic mania bisa mengatur semua folder dan shortcut pada start menu.

Sebagai contoh,saya sangat suka menonton video dari komputer oleh sebab itu saya mempunyai beberapa video player yang saya install seperti K-Lite codec pack , Quick Time , dan Gom Player.Dari hal tersebut saya dapat mengelompokkan 3 applikasi yang saya install tersebut menjadi satu buah folder dengan nama Media Player.

Untuk lebih jelasnya softholic mania bisa melihat tutorial dan cara yang saya berikan di bawah ini
  1. Pertama softholic mania bisa melihat gambar start menu yang belum saya edit dan kelompokkan
  2. Untuk mulai melakukan pengeditan start menu,softholic mania harus membuka folder program dari sub folder start menu
    • Caranya adalah klik kanan tombol start --> Explore --> My Computer --> Local Disk (C:) --> Documents and Settings --> All Users --> Start Menu --> Programs
    • Bagi softholic mania yang masih bingung bisa langsung copy paste "C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs" pada address bar (tanpa tanda petik)
  3. Setelah membuka folder program softholic mania bisa langsung membuat folder baru yang akan digunakan untuk mengelompokkan applikasi yang diinginkan.Buat folder baru dengan cara klik kanan --> New --> Folder
  4. Ganti nama folder sesuai keinginan softholic mania.Sebagai contoh saya tadi,saya akan memberi nama folder baru tersebut "Media Player"
  5. Jika sudah membuat folder baru, plih applikasi yang ingin dimasukkan pada folder baru yang sudah dibuat dengan cara cut -- paste atau drag and drop
  6. Jika softholic melakukan dengan benar,maka folder baru tersebut akan berisi applikasi yang dikelompokkan
  7. Sebagai hasilnya softholic mania bisa melihat perubahan start menu pada komputer saya.Pada start menu komputer saya terdapat folder baru dengan nama Media Player yang berisi applikasi yang telah saya masukkan

Untuk selanjutnya softholic mania bisa mengembangkan dan berkeksplorasi sesuai keinginanya dalam menata start menu.Cara ini sangat berguna buat softholic mania yang memiliki banyak applikasi sehingga lebih mudah dalam pengaturan berdasarkan fungsinya.

Sedikit tambahan dari saya,cara ini saya pergunakan pada OS Windows XP.Untuk Windows Vista ataupun Windows 7 belum saya coba,akan tetapi saya rasa konsep untuk mengelompokkan applikasi pada Windows Vista ataupun Windows 7 tidak jauh berbeda karena struktur yang hampir sama.Point penting yang harus softholic mania perhatikan adalah subfolder program dari folder start menu.

(NB : Semoga tutorial kali ini bisa semakin menambah wawasan softholic mania pada bidang komputer meskipun sedikit)




Software gratis yang lain



1 Komentar:

Isgut starman mengatakan...

Mksh ats infonya,,

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Hargai kami dengan sebuah komentar ataupun rating