Minggu, 13 Juni 2010

Mengetahui kinerja memori dan page file komputer dengan mudah menggunakan software gratis MemInfo 2.2


   (Rating dari Softholic)
Untuk mengetahui kinerja pada komputer baik itu memori ataupun page file saya rasa softholic mania sudah tahu caranya.

Bagi softholic mania yang belum tahu silahkan klik tombol CTRL + DEL secara bersamaan,maka akan muncul task manager.Pada bagian task manager pilihlah bagian "Performance".Cara tersebut merupakan cara standar yang biasa dilakukan.

Akan tetapi kini softholic mania bisa menggunakan software sehingga bisa lebih mudah memantau kinerja Memori ataupun Page File.Sebelum saya membahas mengenai software MemInfo 2.2 tersebut ada baiknya softholic mania mengetahui pentingnya mengetahui kinerja memori dan page file pada komputer.

Memori dan page file bisa dikatakan bekerja sama pada komputer.Sebagai contoh saya asumsikan softholic mania mempunyai komputer dengan RAM 1 GB dengan OS Vista.Untuk menjalankan OS Vista dibutuhkan memori sekitar 500-700 MB,maka memori yang tersisa adalah 324-524 MB.Sisa memori tersebut yang akan digunakan untuk menjalankan applikasi lain di komputer.

Bagaimana jika memori pada komputer telah habis untuk menjalankan applikasi ? Jika memori telah habis maka komputer akan mengambil atau membuat virtual memory yang disebut page file.Virtual memori atau page file dibuat dari kapasitas harddisk yang kosong.

Akan tetapi hal tersebut juga tidak terlalu berpengaruh besar terhadap kecepatan dan kinerja komputer.Hal tersebut dikarenakan kecepatan READ/WRITE harddisk tidak secepat RAM,jika page file terlalu besar maka akan bisa dipastikan kinerja dari komputer akan menjadi sangat lambat (sumber : www.davidkurniawan.web.id ).

Oleh sebab itu softholic mania harus selalu memantau memori dan page file komputernya,untuk membantu hal tersebut softholic mania bisa menggunakan software gratis MemInfo 2.2.Software gratis ini akan memberikan hasil yang akurat terhadap memori dan page file komputer.

Dengan memantau memori dan page file akan memungkinkan softholic mania bisa mengatur berbagai applikasi yang harus dijalankan atau dimatikan sehingga bisa maksimal dalam menggunakan komputer.

Software ini juga memiliki satu kelebihan lain yang bisa softholic mania manfaatkan,software ini bisa melakukan defrag pada memori
untuk mempercepat proses dan pembersihan memori.

Screenshot dari tampilan setting software gratis MemInfo 2.2


Pada bagian setting terdapat 3 menu utama yaitu
  1. General --> softholic mania bisa mengatur tampilan dari informasi yang ingin ditampilkan baik itu memori,page file,memori yang digunakan,ataupun memori yang bebas.Sebagai saran saya ada baiknya softholic mania mengaktifkan "Warn",fitur ini akan memberitahu softholic mania jika memori dan page file sudah mencapai limit.
  2. Display --> pada menu ini softholic bisa mengatur tampilan form dan format font
  3. Colors --> pada bagian ini softholic mania bisa mengatur warna pada software ini
Untuk menjalankan setting,caranya klik kanan pada tray icon lalu pilih "Setting" dan pilih lagi "More setting"

Screenshot tampilan saat defrag memori

screenshot tampilan tray icon software MemInfo 2.2 pada taskbar

Saya rasa software ini akan sangat membantu softholic mania dalam memantau kinerja komputernya.Bagi softholic yang ingin mempergunakan software ini bisa menggunakan review dan panduan yang telah saya buat di blog ini.

Saya rasa cukup review software MemInfo 2.2 dari saya,jika ada softholic mania yang ingin menambahkan bisa meninggalkan komentar.

download size (509,40 KB)

(NB : Software gratis MemInfo 2.2 telah saya coba,100 % berhasil dan bekerja dengan baik)




Software gratis yang lain



0 Komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Hargai kami dengan sebuah komentar ataupun rating