Kamis, 22 Juli 2010

Cara mematikan komputer secara otomatis dengan mudah


   (Rating dari Softholic)
Sebenarnya ini merupakan tips dan trik lama yang pernah saya posting di blog ini. Tips dan trik lama mematikan komputer dengan mudah ini saya segarkan kembali kepada softholic mania dengan tambahan tutorial dalam bentuk gambar sehingga lebih mudah dipahami.

Untuk lebih jelasnya softholic mania bisa langsung melihat tutorial yang saya berikan.
  1. Langkah awal sangat mudah sekali , softholic mania klik kanan pada komputer softholic mania dimana saja. Usahakan klik kanan pada bagian komputer yang kosong. Jika sudah klik kanan pilih New lalu terakhir pilih sub menu shortcut.
  2. Pada bagian form Create Shortcut, isi dengan shutdown -s -t 60 -c "Pesan Softholic" . Untuk penjelasan yang lebih detail saya sertakan di bagian bawah postingan ini. Jangan lupa pilih next juga form sudah diisi.
  3. Langkah selanjutnya tinggal kasih nama dari shortcut yang sudah dibuat lalu pilih Finish
  4. Jika sudah selesai coba softholic mania jalankan shortcut yang sudah dibuat tadi. Klik dua kali seperti menjalankan applikasi pada umumnya.
  5. Jika berhasil softholic mania akan mendapat tampilan seperti gambar dibawah

Shortcut sudah selesai dan dapat berjalan dengan baik. Seperti yang saya janjikan kepada softholic mania saya akan menjelaskan secara detail maksud dari perintah shutdown -s -t 60 -c "Pesan Softholic"
  • shutdwon : nama dari perintah yang digunakan untuk mematikan komputer
  • -s : Fungsinya sebagai perintah eksekusi shutdown
  • -t : Perintah untuk melakukan aksi berdasarkan waktu yang sudah ditentukan
  • 60 : Waktu aksi yang diinginkan sebelum eksekusi (dalam satuan detik)
  • -c : Perintah untuk menampilkan pesan yang diinginkan
  • "Pesan softholic" : Pesan yang ingin ditulis saat proses eksekusi dijalankan, ganti tulisan yang berada di dalam tanda petik ( " ) sesuai dengan yang softholic mania inginkan.

Cara ini hanya berlaku untuk shutdown (mematikan komputer saja), sedangkan untuk bisa melakukan perintah lain softholic mania hany perlu mengganti perintah -s saja.
  • -r : Perintah untuk restart
  • -l : Perintah untuk log off

Saya rasa cukup penjelasan tips dan trik dari saya untuk mematikan komputer secara otomatis. Cara ini sangat berguna buat softholic mania yang sering tertidur sehingga lupa mematikan komputernya.




Software gratis yang lain



0 Komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Hargai kami dengan sebuah komentar ataupun rating