Rabu, 14 Juli 2010

Cara menampilkan " My Recent Document " pada komputer


   (Rating dari Softholic)
Softholic mania pasti sudah tahu fitur windows " My Recent Document " pada komputernya. Bagi yang belum tahu fungsi dan manfaat fitur ini bisa melihat penjelasan singkat yang saya berikan.

Fitur My Recent Document adalah fitur yang berfungsi untuk menampilkan data-data baik itu berupa dokumen office , multimedia , ataupun folder yang diakses oleh softholic mania dalam bentuk shortcut yang fungsinya memudahkan dan mengingat kembali aktivitas yang dilakukan softholic mania. Fitur My Recent Document pada keadaan standar / awal masih disembunyikan oleh sistem windows sehingga tidak bisa diakses secara leluasa.

Untuk menampilkan fitur My Recent Document yang masih tersembunyi softholic mania bisa mengikuti tutorial sederhana dibawah ini
  1. Klik kanan pada logo start menu ---> Explore
  2. Pada bagian main bar pilih menu Tools ---> Folder Options
  3. Jika sudah softholic mania pilih akan muncul pop up baru , pada window Folder Options pilih sub menu View. Pada bagian Advanced Setting cari bagian tentang Hidden files and folders , lalu checklist Show files and folders
  4. Langkah terakhir adalah pilih menu Apply ---> lalu pilih OK
Jika sudah selesai maka fitur My Recent Document akan terlihat pada komputer softholic mania. Fitur ini terletak pada Drive C: di komputer.

Sekarang My Recent Document sudah tampil , lalu bagaimana caranya agar fitur ini tidak tersembunyi lagi jika pada bagian Folder Options dibuat menjadi Hidden kembali. Caranya sebenarnya cukup mudah sekali karena softholic mania hanya tinggal mengubah attribut My Recent Document lewat propertiesnya. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tutorial yang saya berikan lagi.
  1. Pertama cari dulu My Recent Document , untuk lebih jelasnya perhatikan gambar yang juga sudah saya sertakan
  2. Jika sudah menemukannya klik kanan pada My Recent Document ---> Properties
  3. Maka akan muncul Properties dari My Recent Document. Pada bagian attirbutes unchecklist pada bagian Hidden
  4. Jika sudah dilakukan pilih Apply untuk mengatur bagian yang ingin disembunyikan. Pada saat memilih Apply akan muncul pop up baru yang menjelaskan bagian yang ingin tetap disembunyikan.
    • Apply changes to this folder only hanya akan menyembunyikan subfolder ataupun data files pada My Recent Document sedangkan folder utama tetap ditampilkan
    • Apply changes to this folder , subfolders , and files tidak akan menyembunyikan segala files ataupun folder pada My Recent Document. Semua aktivitas yang dilakukan akan ditampilkan
  5. Langkah terakhir adalah memilih menu OK

Saya rasa cukup penjelasan dari saya kepada softholic mania. Semoga tips dan trik yang saya berikan ini bisa cukup bermanfaat bagi softholic mania untuk menambah pengetahuannya tentang komputer.

(NB : Tips dan trik ini saya coba pada Windows XP , untuk Windows Vista ataupun Windows 7 belum sempat saya coba )




Software gratis yang lain



3 Komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks sungguh bermanfaat

Anonim mengatakan...

ternyata begitu ya caranya, thanx ini bermanfaat

Softholic mengatakan...

ok..sama2

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Hargai kami dengan sebuah komentar ataupun rating